PEDULI FAKTA

Twitter @PeduliFakta

Saling Menolong

Sebenarnya banyak ayat-ayat atau hadits yang memerintahkan kita saling tolong-menolong, bantu-membantu. Tapi entahlah, dalam realitas smua itu enggan diamalkan.

* "Innamal mukminuna ikhwah" (orang-orang Mukmin itu bersaudara).

* "Al mukminuna wal mukminati ba'dhuhum auliya'u ba'dhin" (orang Mukmin laki-laki dan wanita, sebagian mereka penolong bagi sebagian yang lain).

* "Ta'awanuu 'alal birri wat taqwa wa laa ta'awanu 'alal itsmi wal 'udwan" (tolong menolonglah kalian dalam kebajikan dan takwa, jangan tolong menolong dalam dosa dan permusuhan).

* Hadits: "Al mukminu lil mukmini kal bunyan yasyuddu ba'dhuhum ba'dha" (orang Mukmin satu dg lainnya seperti bangunan, satu sama lain saling menguatkan).

* Hadits: "Al Muslimu akhul Muslimi, laa yazhlimuhu wa laa yuslimuhu" (orang Muslim satu saudara Muslim lainnya, tidak menzhalimi, juga tidak membiarkannya).

* Hadits: "Laa yukminu ahadukum hatta yuhibba li akhihi maa yuhibbu li nafsihi" (tidak beriman salah satu kalian, sampai dia menyukai untuk saudaranya seperti apa yang dia sukai untuk dirinya sendiri).

* Banyak dalil-dalil seperti ini. Bahkan nilai KEBERSAMAAN itu sangat terasa dalam Surat Al Ashr. Wal 'ashri...dan strusnya. Jadi bukan gaya hidup "jalan masing-masing".

* Tidak bisa KEHIDUPAN ISLAM dipikul dengan sebelah tangan saja, tapi harus JOIN antar satu dengan lainnya.

* Pernahkah Anda membayangkan, bahwa untuk menjaga CAHAYA ILMU dibutuhkan energi besar? Saat sebagian orang berpikir bisnis, yang lain berpikir bantahan atas kemungkaran. Yang bisnis tetap jalan menikmati hidupnya; yang membantah kemungkaran smakin berkurang energi dan peluangnya.

* Kalau kami katakan ini, jangan anggap kami MINTA BANTUAN. Bukan. Toh kami tidak pernah cantumkan No. Rekening kan. Ini adalah PERINGATAN dan NASEHAT tentang perilaku buruk masyarakat Muslim.

* Inilah sebab utama rusaknya kehidupan kita, yaitu TIADA SINERGI untuk saling bantu-membantu. Kalau ada loyalitas, hanya ke anggota kelompok sendiri.

* BOLEH percaya atau tidak, tapi dalam Kitabullah ada ayat seperti ini (artinya):

"Jika kalian tidak melakukan itu smua (saling bantu-membantu di jalan Allah), maka akan terjadi fitnah di bumi dan kerusakan yang banyak). Al Anfal 73.

BERBAGAI kesulitan Umat selama ini, sejatinya adalah karena kita juga. Yaitu EGOISME yang menguasai.

Kata orang Jawa: "Urip iku kudhu tepo seliro" (hidup itu harus peka membaca perasaan orang lain). Kalau kita tak suka hidup susah, maka orang lain juga begitu.

Sekali lagi, ini HANYA mengingatkan. Dan proses terus berjalan. Tidak mungkin burung akan terbang dengan salah satu sayap patah.

Mohon dimaafkan. Wallahu Waliyyut taufiq.

Label artikel Motivasi | Peduli Fakta judul Saling Menolong...By : PEDULI FAKTA
Ditulis oleh: Peduli Fakta - Minggu, 08 Maret 2015

Belum ada komentar untuk "Saling Menolong"

Posting Komentar