PEDULI FAKTA

Twitter @PeduliFakta

KOMENTAR BUMERANG

KOMENTAR BUMERANG, Komentar yang Berbalik Menyerang Diri Sendiri

Dalam berdiskusi, terkadang ada orang yang menyampaikan KOMENTAR BUMERANG. Maksudnya, komentar yang akhirnya berbalik arah "menyerang" dirinya sendiri.

Komentar bumerang adalah komentar yang mentah, dangkal, sehingga bisa dengan sangat mudah dibantah dengan LOGIKA SEDERHANA.

Berikut adalah beberapa contoh KOMENTAR BUMERANG. Penjelasannya saya buat dalam bentuk KOMENTAR BALASAN, agar lebih mudah dipahami.

1. "Jangan urus orang lain. Urus saja diri sendiri!."
"Oke. Jadi kamu pun jangan mengurus saya, ya."


2. "Jangan merasa paling benar!"
"Lha, kamu pun pasti sedang merasa paling benar. Jika tidak, tak mungkin kamu berkomentar seperti itu."

NB: Secara fitrah, semua manusia memang sudah diformat untuk merasa paling benar. Mari membaca tulisan referensi yang membahas hal ini >> https://www.facebook.com/jonru.page/posts/10152116563709729

3. "Jangan mengklaim kebenaran!"
"Lha, kamu sendiri mengklaim kebenaran versi kamu!"

4. "Percuma kamu mengkritik dia. Adalah hak dia untuk melakukan perbuatan itu."
"Betul. Semua orang pasti punya hak. Jadi saya pun punya hak untuk mengkritik dia. Betul?"

5. "Jangan suka mencari kesalahan orang lain."
"Tuh, kamu justru sedang mencari kesalahan saya."

6. "Hargailah kebebasan orang lain!"
"Lha, kamu sendiri dari tadi protes sama saya. Hargai dong kebebasan saya!"

7. "Semua pemikiran harus diakomodasi. Jangan menang sendiri!"
"Betul. Termasuk pemikiran saya, tentu harus diakomodasi juga, kan?"

8. "Kebenaran itu relatif!"
"Lha, kalau relatif, kenapa dari tadi kamu memprotes kebenaran versi saya? Toh semuanya relatif. Untuk apa diperdebatkan?"

9. "Tulisan kamu tidak bermutu!"
"Tapi dibaca juga, bahkan dikomentari."

10. "Tulisan kamu ini gak penting banget."
"Kalo gak penting, ngapain kamu baca dan komentari?"

11. "Agama itu urusan pribadi."
"Kalo gitu, nanti pas kamu mati.. mayat kamu dibiarkan aja ya, tak usah dikubur. Kematian kamu itu kan urusan kamu sendiri."

12. "Ini bukan negara Arab, Bung! Jadi tak usah pake istilah Arab dalam bicara."
"Ini juga bukan negara Barat. Jadi tak usah pake jins, tak usah belajar bahasa Inggris, tak usah nyanyi lagu barat, tak usah nonton Indonesian Idol, tak usah pake Facebook."

13. "Dia pasti punya alasan saat melakukan itu."
"Saya pun pasti punya alasan saat mengkritik dia."


14. "Hargailah pendapat orang lain!"
"Betul. Makanya kamu juga hargai dong, pendapat saya. Jangan protes melulu!"


(Jonru)
*dengan sedikit perubahan*
Label artikel ANTI LIBERALISME judul KOMENTAR BUMERANG...By : PEDULI FAKTA
Ditulis oleh: Peduli Fakta - Sabtu, 08 Februari 2014

Belum ada komentar untuk "KOMENTAR BUMERANG"

Posting Komentar