PEDULI FAKTA

Twitter @PeduliFakta

Hanibal Wijayanta: Media Massa dan Perubahan Sosial

Hanibal Wijayanta  )*

Wartawan  Utama,  Produser Eksekutif  Liputan  ANTV
Menurut  catatan sejarah,  media  massa  terbukti  mampu  mendorong dan  mengubah kondisi sosial  masyarakat.  Dengan pemberitaan  yang kontinyu, terarah  dan  sistematis, pers  mampu  mempengaruhi pilihan,  sikap  dan  opini masyarakat. Media  massa  juga  bisa  membujuk pembaca  dan  pirsawan, dengan  merangsang  emosi, perasaan  serta  pikiran mereka  lewat  berbagai pendapat  dan  komentar. Mereka  juga  bisa  memberikan  status legitimasi  terhadap  sesuatu hal.  Media  massa  juga  bisa  mendefinisikan  dan  membentuk  persepsi atas  realitas  tertentu kepada  para  pembaca. 

Karena  itu,  sejak  dulu  banyak  orang, penguasa, dan kelompok kepentingan,  memanfaatkan  media  massa  sebagai corong,  alat,  dan  mesin propaganda rekayasa  sosial.  Paul  Joseph  Goebbels,  Menteri Propaganda  Nazi  Jerman adalah  contoh  gamblang pemanfaatan  media  sebagai mesin  rekayasa  sosial.  Goebbels  adalah pelopor  dan  pengembang teknik  propaganda  Argentum  ad  nausem  atau  teknik  Big  Lie (kebohongan  besar). 

Prinsip  utama  teknik  ini  adalah  menyebarluaskan  berita bohong  melalui  media  massa  sebanyak mungkin  dan  sesering mungkin  sehingga  kebohongan itu  kemudian  dianggap sebagai  suatu  kebenaran. Cara  ini  cukup  sederhana,  namun  sangat  efektif dan  mampu  mengubah persepsi,  serta  pada  gilirannya  mengubah sikap  dan  perilaku masyarakat.  Dengan  memobilisir media  massa,  Goebbels membentuk  persepsi  Bangsa Jerman  adalah  ras  terbaik,  dan  Bangsa  Yahudi ras  terkutuk  yang  harus  dilenyapkan. 

Di  Indonesia, pers  juga  berfungsi sebagai  alat  rekayasa sosial.  Perubahan  terjadi sesuai  perkembangan  zaman. Di  masa  pergerakan, pers  menjadi  media  perlawanan  terhadap penjajah.  Media  menjadi penyemai  faham  nasionalisme. Coba  tengok  pamflet-pamflet,  koran, dan  majalah  di  zaman  Belanda seperti  Bintang  Timur, Cahaya  Asia,  Pasundan, Djawa,  Panjebar  Semangat dan  sebagainya.  Saat  itu  media  massa  menjadi agen  perubahan  sosial untuk  meraih  kemerdekaan.

Begitu  Indonesia merdeka  dan  partai politik  tumbuh,  pers  menjelma  menjadi alat  partai.  Koran, majalah  dan  kantor berita  menjadi  organ  partai,  mesin  agitasi  dan  propaganda,  demikian pula  wartawannya.  Harian Rakyat  menjadi  koran  onderbouw  Partai Komunis  Indonesia  (PKI), Merdeka  corong  Partai Nasionalis  Indonesia  (PNI), Abadi  media  Partai  Masyumi,  Partai Sosialis  Indonesia  (PSI)  punya  harian Indonesia  Raya  dan  Pedoman,  Nahdlatul Ulama  eksis  dengan koran  Duta  Masyarakat, dan  sebagainya.  Tiap  hari,  koran  hadir  dengan slogan  partai,  polemik, dan  debat  yang  berpihak  kepada partai  mereka.  Saat  itu  media  massa  menjadi pengarah  opini  dan  pembentuk  persepsi massa  sebagaimana  dikehendaki partai.

Ketika  Orde  Baru  menancapkan kekuasaan,  breidel  media  massa,  penangkapan dan  penahanan  wartawan atas  tuduhan  merongrong kewibawaan  pemerintah  sering terjadi.  Karena  tekanan bertubi-tubi,  wartawan,  pers  dan  media  massa  kompak tiarap.  Self-censorship  menjadi  lumrah, budaya  telepon  dimaklumi. Karena  takut  pada  hantu  breidel dan  tekanan  penguasa, pers  di  masa  Orde  Baru  bereinkarnasi.  Pers  berubah  menjadi penganjur  pembangunan,  corong penguasa,  dan  penyebar ide  kekaryaan  ala  Orde  Baru.  Dalam  keadaan ini,  pers  menjadi alat  rekayasa  sosial rezim  Orde  Baru.

Angin  segar  berhembus  saat  musim  reformasi tiba.  Seiring  keruntuhan Orde  Baru,  setelah tiga  dasa  warsa  dikerangkeng,  pers  akhirnya  ‘dibebaskan’. Surat  Izin  Terbit (SIT),  Surat  Izin  Usaha  Penerbitan Pers  (SIUPP)  dan  segala  tetek  bengek  perizinan dihapus.  Media  massa  menjadi  bebas, terbuka,  merdeka,  dan  berani  memberitakan hal-hal  tabu  menurut Orde  Baru.  Era  reformasi  membuka kesempatan  pers  memberitakan berbagai  konflik  sosial, kerusuhan  dan  kasus  penyalahgunaan  wewenang dari  berbagai  angle, tanpa  perlu  takut  bakal  dijewer pemerintah,  Departemen  Penerangan, maupun  tentara.  Saat  itu,  pers  menjadi  idola  masyarakat  yang  sekian  lama  terbelenggu  kekuasaan dan  menuntun  masyarakat menjadi  melek  informasi. 

Namun,  ketika keterbukaaan  makin  marak, faham  kebebasan  juga  makin  berkembang. Di  masa  ini,  sebagian  awak  pers  seolah kehilangan  orientasi.  Saking bebasnya,  mereka  kadang keblinger,  berlebihan  dan  bahkan  sering merasa  paling  benar  sendiri.  Tanpa  konfirmasi,  tanpa  cek  dan  ricek,  tanpa  mengedepankan  prinsip cover  both  side,  mereka berani  menurunkan  berita peka.  Di  masa  ini,  dengan enteng  pers  menerabas kode  etik,  melanggar prinsip  moralitas,  dan  pornografi  pun  merajalela. 

Sebagian  dari  mereka  kemudian hanya  mengikuti  keinginan pemilik  modal  dan  menyajikan  berita yang  ‘pokoknya  laku’  tanpa  peduli isi,  kualitas  dan  memaksakan  logika. Sementara  itu,  yang  lain  justru terjebak  perang  opini  para  pejabat, pemangku  kepentingan,  dan  kelompok  penekan yang  bebas  berkoar, sementara  pers  tak  mampu  memfilter pendapat  mereka.  Parahnya, jika  selama  puluhan tahun  bedil  dan  penjara  menjadi penakhluk  wartawan,  pers,  dan  media, kini  kibasan  cek  dan  gepokan rupiah  sangat  efektif menundukkan  kegalakan  mereka. 

Parahnya, jika  selama  puluhan tahun  bedil  dan  penjara  menjadi penakhluk  wartawan,  pers,  dan  media, kini  kibasan  cek  dan  gepokan rupiah  sangat  efektif menundukkan  kegalakan  mereka.
Dalam  kondisi ini,  peran  pers  sebagai  agen  perubahan  sosial tetap  berfungsi.  Namun, perubahan  sosial  yang  diembannya  bisa  melenceng  dan  menyimpang  dari  nilai  luhur  kemanusiaan,  etika, dan  agama.  Faham-faham aneh  bertebaran,  ide-ide melenceng,  dan  kesesatan berpikir  merajalela.  Sementara, mereka  yang  bergandengan tangan  dengan  pemilik modal,  penguasa  atau  kelompok  kepentingan juga  tak  lagi  berpihak  kepada kebenaran  sejati.  Kondisi semakin  parah  ketika pers  menjadi  sekadar tukang  foto  kopi,  tukang  gong,  pemberi  stempel dan  penyalur  ludah  narasumber  tanpa  pernah  mengkaji, menelaah  dan  menyaring informasi  secara  benar. 

Kini,  menjelang Pemilu  Presiden  2014,  masyarakat  disuguhi berbagai  media  yang  cenderung  berpihak. Seperti  yang  terjadi di  tengah  masyarakat dan  elit  penguasa, kini  media  massa  pun  terbelah. Media  yang  dimiliki bowheer  pendukung Calon  Presiden  A,  tulisan  atau  siarannya  cenderung berisi  puja-puji  untuk  kontestan  A,  dan  caci-maki bahkan  fitnah  kepada kontestan  B.  Sebaliknya media  milik  konglomerat pendukung  Calon  Presiden B,  tulisan  atau  siarannya  berisi puja-puji  untuk  kontestan B,  dan  berita buruk  serta  tudingan miring  ke  kontestan A.  Walhasil  isi  media  kini  penuh  dengan berita  panas,  insinuasi, provokatif,  dan  tidak  seimbang.   
Tak  hanya  karena  dimiliki milyarder  pendukung  Calon  Presiden,  para  wartawan  pun  terbelah  karena kecenderungan  dukungan  pribadi. Biasanya  dukungan  terbangun karena  kedekatan  mereka dengan  masing-masing  Calon, Partai  Pendukung,  atau  tokoh-tokoh  pendukung masing-masing.  Ada  juga  wartawan  dan  media  yang  menyatakan  keberpihakan mereka  karena  merasa lebih  sreg  dengan Calon  tertentu  dan  tidak  percaya kepada  Calon  lain.  Sedikit  banyak, dukungan  mereka  tercermin pada  produk  pers  dan  penyikapan mereka  terhadap  berbagai isu.  Media  sosial yang  kini  marak, semakin  menegaskan  kecenderungan keberpihakan  para  wartawan secara  pribadi.   

Sebagian  wartawan dan  media  massa  masih  mencoba bersikap  wajar  dengan sekadar  berkomentar  dan  menjelaskan  posisi mereka.  Namun  kini  banyak  di  antara  media  yang  dengan lantang  menyatakan  sebagai pendukung  kontestan  tertentu. Bahkan  ada  yang  memposisikan  diri  sebagai  endorser, tim  sukses,  dan  bahkan  seakan-akan menjadi  propaganda  officer  laksana  Joseph  Goebbels,  dengan turut  bermanuver  serampangan, brutal,  dan  ugal-ugalan. Tentu  saja  perkembangan ini  sangat  memprihatinkan. 

Padahal,  pers,  media  massa, dan  wartawan,  telah  ditahbiskan  sebagai watchdog  alias  anjing  penjaga demokrasi.  Pers  juga  sering  dijuluki sebagai  the  fourth  estate alias  pilar  keempat negara.  Dia  juga  dijuluki  sebagai ujung  tombak  perubahan sosial  atau  the  agent  of  social changes,  dan  bahkan merekalah  the  servants  of  the  thruth atau  para  pengabdi kebenaran. 

Dengan  serangkaian predikat  itu,  sudah  selayaknya  wartawan  dan  media  mengambil posisi  netral,  setia  kepada  profesi yang  mewajibkan  dia  tidak  berpihak kepada  siapa  pun,  dan  setia  kepada  pilihan hidup  untuk  menjadi pengawal  kebenaran.  Belum  lagi  jika  kita  mencermati pernyataan  Pemimpin  Perancis Napoleon  Bonaparte:  “A  journalist is  a  grumbler, a  censurer,  a  giver  of  advice,  a  regent  of  sovereigns,  a  tutor  of  nations.  (Seorang wartawan  adalah  penggerutu, tukang  kritik,  pemberi saran,  pemilik  kedaulatan, guru  bangsa).
Namun,  serangkaian julukan  hebat  itu  kini  seolah hanya  menjadi  mitos. Banyak  insan  pers  terjangkiti  sindrom heroisme  gara-gara  julukan-julukan  wah  tadi.  Sindrom ini  sering  berubah menjadi  penyakit  akut.  Meski  tak  semua,  banyak wartawan  dan  media  yang  secara sengaja  memposisikan  diri  tinggi,  dan  merasa  jumawa dengan  berbagai  label  yang  terlanjur diberikan.  Sindrom  heroisme ini  juga  memunculkan semacam  ilusi  kekebalan di  kalangan  insan  pers  dan  media  massa, sehingga  dengan  enteng memprovokasi,  memancing,  dan  memberitakan  hal-hal sumir  dan  insinuatif. 

Ada  sementara wartawan  merasa  seolah bisa  melanggar  aturan, etika,  norma,  maupun undang-undang,  karena  merasa memiliki  ‘vaksin  kekebalan’ yang  tak  dimiliki kalangan  lain.  Insan  pers  kadang merasa  memiliki  ‘kasta’ lebih  tinggi  dari  pada  profesi lain,  sehingga  sering mengharap  fasilitas  dari  pemegang  oritas, kekuasaan  atau  masyarakat. Padahal,  profesi  wartawan sama  seperti  profesi lain.  Wartawan,  jurnalis, reporter,  juga  manusia. Mereka  bisa  lupa,  salah  dan  khilaf,  serta  harus  tetap  menaati  hukum, norma,  etika,  dan  peraturan. 
Melihat  kiprah sebagian  jurnalis,  pers,  dan  media  menjelang  Pemilu Presiden  2014  ini,  tak  pelak  lagi  bahwa  situasi  panas  di  tengah masyarakat  ini  tak  lepas  dari  peran  media. Selain  berbagai  berita, iklan  yang  mondar-mandir menghiasi  layar  televisi, terdengar  di  radio, terpampang  di  halaman media  cetak,  dan  muncul  di  media  internet, turut  membentuk  persepsi masyarakat  tentang  cita-cita, keinginan,  harapan  di  masa  depan, serta  para  pemimpin yang  mereka  harapkan. Namun,  media  pun  telah  menguak sisi  gelap  persepsi masyarakat,  sikap  atas  perbedaan  pendapat, faham  dan  keyakinan yang  berbeda,  serta  pensikapan  yang  beragam  terhadap berbagai  hal  yang  menyangkut  peri  kehidupan  mereka. 

Sungguh  sangat  menggembirakan jika  media  massa  mampu  mengarahkan, mengubah  dan  membentuk masyarakat  Indonesia  menjadi lebih  baik  dengan berbagai  silang  pendapat yang  berkecamuk  menjelang Pemilu  Presiden  2014  ini.  Tapi  betapa  mengerikannya jika  media  massa  dan  wartawan justru  menjadi  penyumbang terbesar  bagi  perpecahan dan  kehancuran  negeri ini.


Label artikel Bagaimana Media Massa Menggiring Opini Publik? | Gusdur dibesarkan media | Hanibal Wijayanto | Kebusukan Media | Membongkar kebusukan tokoh tokoh liberal judul Hanibal Wijayanta: Media Massa dan Perubahan Sosial...By : PEDULI FAKTA
Ditulis oleh: Peduli Fakta - Senin, 14 Juli 2014

Belum ada komentar untuk "Hanibal Wijayanta: Media Massa dan Perubahan Sosial"

Posting Komentar