PEDULI FAKTA

Twitter @PeduliFakta

Bagaimana Media Massa Menggiring Opini Publik? (Bagian VIII)

Bagaimana Media Massa Menggiring Opini Publik? (Bagian VIII)

Yang kita bahas berikut ini masih mirip dengan pembahasan sebelumnya. Tapi ada sedikit perbedaan

============================
MENYEMBUNYIKAN ATAU MENAMPILKAN INFORMASI TERTENTU

Misalnya nih, ada tiga orang tokoh yang terlibat korupsi yaitu:


Bapak X yang beragama A
Bapak Y yang beragama B
Bapak Z yang beragama C

Ketika memberitakan Bapak X, media massa selalu menyebut, "Kasus korupsi yang menimpa Bapak A, seorang penganut agama A tersebut..."

Tapi ketika memberitakan Bapak B dan C, nama agamanya tak pernah disebut.

SEBALIKNYA:
Ada seorang relawan yang membantu korban banjir. Si relawan ini mengenakan atribut dari ormas A, karena dia memang dari ormas A.

Lalu muncul berita di dua media yang berbeda:

Berita I:
Seorang warga membantu korban banjir
Berita II:
Seorang relawan dari ormas A membantu korban banjir

* * *

Ketika sebuah media memutuskan untuk menyebutkan atau tidak menyebutkan nama sebuah agama, parpol, institusi, lembaga, perusahaan dan seterusnya, sebenarnya itu pasti ada maksudnya. Tak mungkin mereka melakukan itu karena iseng-iseng belaka, karena lugu, dan sebagainya. Sebab orang2 media itu umumnya pintar-pintar.

Ketika sebuah media menulis seperti ini:
"Kasus korupsi yang menimpa Bapak A, seorang penganut agama A tersebut..."
Ada kemungkinan itu pertanda bahwa mereka hendak mengatakan agama A adalah agama korupsi.

Ketika sebuah media meliput aksi membantu korban banjir yang dilakukan oleh seorang relawan dari ormas A, namun si media menulis seperti ini:
"Seorang warga membantu korban banjir."
Itu artinya, si media mungkin tidak ingin masyarakat sampai menaruh simpati pada ormas A.

Sedangkan media yang menulis seperti ini:
"Seorang relawan dari ormas A membantu korban banjir"
Itu artinya si media tersebut mungkin ingin agar masyarakat menaruh simpati pada ormas A.

BERSAMBUNG >>

(Jonru)
Label artikel Bagaimana Media Massa Menggiring Opini Publik? | Kebusukan Media judul Bagaimana Media Massa Menggiring Opini Publik? (Bagian VIII)...By : PEDULI FAKTA
Ditulis oleh: Peduli Fakta - Minggu, 26 Januari 2014

Belum ada komentar untuk "Bagaimana Media Massa Menggiring Opini Publik? (Bagian VIII)"

Posting Komentar